Keindahan alam dan wisata kuliner Banyuwangi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Dua hal tersebut menjadi daya tarik yang memiliki andil besar dalam mengenalkan keunikan suatu daerah ke khalayak luas.

Banyuwangi tidak hanya menawarkan keindahan alam yang seru untuk Anda eksplorasi, karena di ujung Pulau Jawa sebelah timur ini menyajikan wisata kuliner yang kaya akan cita rasa.

BACA JUGA : Rental mobil banyuwangi termurah

Saat Anda puas berwisata di pantai maupun gunung dan merasa lapar, wisata kuliner Banyuwangi patut dicoba.

  • Pecel pitik Desa Adat Osing Kemiren. Di desa ini tidak sekadar menyimpan kebudayaan tradisional, tetapi memiliki kuliner khas yang nikmat bernama pecel pitik. Biasanya kuliner ini disajikan saat acara adat Desa Osing Kemiren berlangsung. Kudapan ini sebenarnya menyerupai pecel pada umumnya. Hanya saja, pecel di Desa Adat Osing Kemiren berbahan dasar ayam kampung yang diurap menggunakan bumbu khas dan ditaburi oleh parutan kepala. Cita rasanya tidak perlu Anda tanyakan, jelas rasa sambel pecel yang khas berpadu dengan empuknya daging ayam serta gurihnya parutan kelapa.
  • Mi kuah kepiting. Wisata kuliner Banyuwangi menyimpan segundang pesona laut, salah satunya sajian menu mi kuah kepiting. Kuliner ini terbilang unik dan berbeda dengan mi kuah pada umumnya. Pasalnya, kepiting disajikan bersama mi plus kuah dengan bumbu khusus yang menambah citarasa.
  • Pecel rawon. Setelah puas mengunjungi berbagai tempat wisata di Banyuwangi, segera cari kuliner yang enak dan khas, seperti pecel rawon. Bagi sebagian besar masyarakat menganggap bahwa rawon merupakan makanan berkuah dengan daging sapi atau ayam di dalamnya. Beda dengan wisata kuliner Banyuwangi ini, nasi pecel diberikan kuah rawon.
  • Sego Tempong merupakan kuliner tradisional berupa sajian nasi dengan berbagai lauk, sambal khas, dan lalapan. Wisata kuliner Banyuwangi ini sekilas tampak sederhana, tetapi ketika pertama kali merasakannya Anda akan menemukan kenikmatan tiada tara. Sego Tempong sangat cocok bagi para wisatawan yang menyukai cita rasa pedas.

Kurang rasanya jika keempat wisata kuliner di atas belum Anda cicipi, meski hanya satu saja. Untuk menemukan kuliner-kuliner tersebut tidak perlu bingung karena di sepanjang jalan maupun lokasi wisata banyak yang menyajikannya.

× Kami online